Trojan

TROJAN

Trojan adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Cara Kerja Trojan

Trojan akan dikendalikan oleh seorang attacker. Program yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain) yang ketika diinstal ke dalam komputer dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan ketukan keyboard ke alamat yang telah ditentukan oleh pembuatnya tanpa diketahui oleh si pengguna komuter (Sang Attacker) tersebut.
  
Jenis-jenis trojan
1. Keylogger, 
Keylogger merupakan pencatat penekanan tombol, Jenis Trojan ini akan memata - matai dengan ketikan di tombol keyboard sang korban, semua yang di ketikan olehnya akan di kirim kan ke penyerang ( attacker ).

2. Remote Administration Tools / RAT
Jenis Trojan ini akan mengontrol komputer sang korban dengan jarak jauh untuk mengambil file - file penting atau menghapus data - data sang korban.

Cara menghapus Virus Trojan

Hapus Virus dari System Registry Langkah terakhir untuk menghilangkan virus trojan yaitu kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan men-delete virus dari registry kita, Klik fasilitas RUN lalu ketikan perintah REGEDIT lalu tekan Enter – lalu ke menu Edit pilihlah Find (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin kita hapus (contoh: contoh.exe),


Hapus File Virus dari Komputer Setelah melalui langkah satu dan dua di atas, langkah selanjutnya Hapus file virus dari komputer, Carilah dengan menggunakan fasilitas search pada Windows, klik menu Start>Search, lalu carilah file .EXE virus (misal: contoh.exe) yang sebelumnya loading di memori atau startup, File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari WIndows, Setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.



Non-aktifkan Virus di Startup Untuk langkah yang kedua yaitu menon-aktifkan virus supaya tidak loading ke memori, kita harus membuangnya di startup, Caranya kita bisa menggunakan fasilitas RUN dengan mengetikan perintah MSCONFIG lalu Enter, Setelah itu akan muncul tampilan System Configuration Utility, Lalu pilihlah Startup, dalam cara ini sebaiknya bagi yang belum mengerti atau tidak tahu mana yang loading virus mana yang bukan, sebaiknya pilih Disable All, Lalu baru Anda aktifkan kembali startup yang diinginkan kalau virus sudah bersih.


 





Comments

Popular posts from this blog

DdoS dan Dos