Perbedaan Windows dan Linux



1. Perbedaan dari segi harga
Windows adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer. Di Indonesia sistem operasi bajakan Windows sangat banyak tersebar di berbagai tempat selain karena tersedianya akses mentahan windows di internet, juga banyaknya orang yang melakukan cracking pada sistem aktivasi Windows. Fenomena ini menunjukkan bahwa Windows sejatinya bukan sistem operasi yang gratis alias berbayar. Sementara itu, Linux merupakan sebuah sistem operasi berbasis open source yang gratis. Sejak awal kali menggunakan Linux, kamu tidak perlu membayar apapun.

2. Perbedaan dari segi partisi sistem
Linux menggunakan beberapa jenis partisi, meliputi ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs, FAT32, NTFS, dan lain sebagainya. Sementara Windows pada umumnya mendukung format partisi NTFS, exFAT, FAT32, FAT dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pada sistem operasi Windows mungkin tidak akan dapat membaca file sistem dari Linux, sementara pada Linux masih tersedia kemungkinan untuk membaca partisi yang dibuat dan digunakan untuk Windows.

        3. Spyware dan Virus
Spyware adalah kejahatan yang “memata-matai” komputer Anda menggunakan suatu program yang biasanya tidak Anda ketahui. Nah, Windows sangat rentan terhadap spyware sehingga Anda harus mengoptimalkan anti spyware dengan software tambahan jika Anda menggunakan Windows. Windows juga rentan terhadap virus. Banyak sekali virus yang mudah merusak program Windows. Sedangkan untuk Linux memiliki sistem pengamanan yang cukup kuat dan rumit. Itulah mengapa Linux lebih terkenal aman jika komputer Anda menyimpan banyak hal penting.



Gmail : larryrp88@gmail.com
MyFacebook : https://www.facebook.com/poenix.pro.5
IntekomID Facebook Page : https://www.facebook.com/IntekomID
IG IntekomID : https://www.instagram.com/intekomid/?hl=id 
Blog : http://intekomid8.blogspot.com/


Comments

Popular posts from this blog

DdoS dan Dos